Sunday, November 5, 2017

Kerja Atau Kuliah

Bingung ketika sudah lulus sekolah mau kemana? kerja atau kuliah. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips untuk anda yang mau kerja atau kuliah.


JIKA ANDA KULIAH

Banyak orang yang memilih kuliah alasanya adalah agar nantinya setelah lulus biar bisa mendapatkan pekerjaaan yang enak,bergaji tinggi, dan terjamin. Adapun kuliah hanya untuk ajang gengsi/ikut-ikutan teman atau dipaksa orang tua. Akhirnya salah milih jurusan. Sangat disayangkan nasib orang yang kuliah salah jurusan nanti kedepanya mau jadi apa? wong yang jurusanya tepat aja masih sulit cari pekerjaan, dan akhirnya nganggur. Tidak ada yang salah dengan kuliah, yang salah adalah anda.  dan ini pertanyaan yang wajib anda jawab. Kenapa saya kuliah? Setelah kuliah mau jadi apa? itu yang harus kalian pikirkan. Kalo anda ingin jadi dokter ya kuliah kedokteran, kalo anda ingin jadi engineer ya kuliah teknik mesin, kalo anda ingin jadi progammer ya kuliah informatika. Mudah kan?

Jadi buat anda yang mau kuliah silahkan pilih jurusan yang sesuai minat dan passion anda. Jangan ikut-ikutan teman atau dipaksa orang tua. Tapi orang tua kan selalu menyarankan/memberikan yang terbaik untuk kita? Itu benar, tapi yang menjalankan itu anda, bukan orang tua anda dan jangan menyesal ketika nanti anda sudah masuk kuliah anda mandek ditengah jalan. Dan yang perlu diingat adalah bahwa kuliah itu memerlukan biaya yang tidak murah. Jadi anda juga harus mengkondisikan keuangan orang tua anda, apabila orang tua anda mampu membiayai kuliah anda, ya silahkan kuliah. Tapi kalo orang tua anda tidak mampu membiayai kuliah anda jangan memaksakan untuk kuliah atau sekedar ikut-ikutan. Ingat satu lagi, bahwa kuliah bukan kunci kesuksesan. Banyak yang beranggapan bahwa kuliah adalah kunci kesuksesan. Itu salah? Nyatanya banyak lulusan kuliah yang masih nganggur karena sulitnya mencari pekerjaan.

Kenapa banyak lulusan kuliah yang masih nganggur? Karena kuliah memprogam mahasiswanya untuk jadi karyawan (spesialis) yang nantinya disiapkan untuk bekerja. Bukan memprogram untuk jadi wirausahawan yang bisa membuka lapangan kerja. Dan untuk jaman sekarang ini yang mencari kerja itu banyak apalagi lulusan sarjana. Jadi anda harus bersaing dengan jutaan orang diseluruh Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan dan itupun yang diterima hanya seberapa saja. Bisa dilihat betapa susahnya mencari pekerjaan? Mengatasi hal itu! Anda jangan terus memikirkan setelah kuliah lalu bekerja untuk bisnis orang lain, yang kalian pikirkan adalah membuat bisnis sendiri atau berwirausaha. Anda kuliah tinggi-tinggi, dapat ilmu yang tinggi, dan mendapatkan gelar, sangat disayangkan apabila ilmu dan gelar yang anda dapatkan dari kuliah hanya untuk bekerja ikut orang.

Jadi kesimpulanya buat anda yang mau kuliah anda harus menyiapkan secara matang. Kenapa saya kuliah? dan setelah kuliah mau jadi apa? Pilih jurusan yang sesuai minat dan passion anda, jangan ikut-ikutan atau dipaksa orang tua. Lihatlah kondisi keuangan orang tua anda, kalo mampu ya silahkan kuliah, kalo tidak mampu, jangan dipaksakan. Dan setelah kuliah nanti jangan selalu berpikir bahwa setelah kuliah itu bekerja ikut orang. Mengingat mencari pekerjaan itu susah. Berpikirlah untuk menjadi wirausaha yang bisa membuka lapangan pekerjaan.Itu sangat mulia.

JIKA ANDA KERJA

Buat anda yang baru lulus sekolah SMA atau SMK jangan khawatir. Anda masih bisa mencari pekerjaan. Banyak beranggapan bahwa, yang lulusan kuliah aja susah mencari pekerjaan apalagi hanya lulusan SMA atau SMK. Menurut saya itu salah. Justru yang banyak dicari perusahaan itu adalah lulusan SMK yang mempunyai keterampilan dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Kalo anda lihat di BKK (Bursa Kerja Khusus) yang ada di SMK itu banyak sekali lowongan-lowongan pekerjaan yang bisa anda pilih. Dan apabila anda baru lulus SMK kemudian anda memutuskan untuk bekerja itu adalah pilihan yang sangat tepat. Karena kerja itu ada batasan umur, Umur 25 keatas itu sudah sulit mencari pekerjaan. Sedangkan kuliah itu tidak ada batasan umur walaupun hanya perguruan tinggi swasta.

Jadi buat anda yang memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu, Selain mendapatkan pengalaman kerja anda masih bisa berpeluang untuk melanjutkan kuliah. Anda bisa membiayai kuliah dengan uang anda sendiri. Ini tentu lebih baik karena tidak membebani orang tua. Buat anda yang mempunyai mental bisnis ini adalah langkah yang sangat tepat untuk mencari modal kemudian anda bisa berwirausaha sendiri. Buat anda yang lulusan SMA anda harus memiliki ketrampilan seperti memasak,programming,desain web,desain kaos,fotografer, blogger atau anda memiliki kreatifitas yang unik kemudian anda bisa mengupload nya ke youtube dan akhirnya anda terkenal dan jadi youtuber horeeeee.Intinya anda harus mengembangkan bakat dan minat anda untuk dijadikan bisnis.

Jadi kesimpulanya apabila anda lulusan SMK begitupun SMA anda bisa kerja,kuliah, dan berbisnis sendiri. Pilihannya sangat banyak, tinggal anda memilih mana yang sesuai dengan minat anda. Yang terpenting adalah wujudkan impianmu, jangan mengikuti banyak orang, dan gengsi dengan pekerjaan anda saat ini, karena yang namanya kesuksesan itu datang dari diri anda sendiri bukan orang lain. Kemudian saya sarankan buat anda yang kerja atau kuliah atau bahkan belum mendapatkan pekerjaan, Anda bisa baca buku dari Robert T.Kiyosaki yaitu Rich dad Poor Dad dan The Cashflow Quadrant. Tujuanya agar bisa menyiapkan masa depan anda dan pengelolaan keuangan anda sebelum memasuki dunia kerja atau wirausaha.

Oke, artikel diatas adalah murni dari pendapat saya, mungkin bagi anda yang mau menambahkan kritik dan saran kepada saya silahkan anda berkomentar dibawah. Semoga bermanfaat 

Terima kasih atas kunjunganya. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat. Jangan lupa like dan commentnya.


EmoticonEmoticon