Monday, November 27, 2017

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara Kerja
sumber: http://thebalance.com
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja - Halo kawan! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja. Sedikit cerita dari saya, dulu ketika saya melamar kerja di PT.TMMIN saya diwawancarai sebanyak tiga kali. Yang pertama, di sekolah saya. yang kedua dan ketiga di jakarta. Nah, dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dari ketiga wawancara tersebut semua berkaitan dengan kepribadian dan yang berkaitan langsung dengan perusahaan.

Mungkin anda perlu contoh untuk pertanyaan-pertanyaan mengenai kepribadian dan yang berkaitan langsung dengan perusahaan.

Contoh pertanyaan tentang kepribadian :
  • Dulu prakerin dimana?
  • Sebelumnya kamu sudah berkerja, apa yang membuatmu resign dari perusahaan tersebut? 
  • Setelah pulang sekolah apa saja kegiatanmu?
  • Kekuranganmu dalam bekerja apa?
  • Kelebihanmu dalam bekerja apa?
  • Sebelum kamu bekerja, apa kegiatanmu sehari-hari?
  • Kamu kan orang islam, sebutkan rukun islam kelima? (ini serius) 
Contoh pertanyaan Yang berkaitan langsung dengan perusahaan 
  • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
  • Bekerja disini tidak enak-enakan. bekerja disini sangat berat. apakah nanti kamu siap ketika sudah diterima kerja?
  • Kalo produksi turun, apabila kamu disuruh atasanmu bersih-bersih mau gak?
  • Kamu kan kerja diperantauan, Kalo orang tua mu sedang sakit, kamu lebih pilih pulang apa tetap bekerja?  
  • Kerja disini itu monoton, jadi bertahun-tahun kamu akan bekerja seperti itu terus. kamu mau gak?
  • Berapa gaji diperusahaan sebelumnya?
  • Berapa gaji yang kamu inginkan?
Oke itu tadi adalah pertanyaan-pertanyaan yang masih saya ingat dulu ketika diwawancara. Jadi, intinya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah tentang kepribadian dan yang berkaitan langsung dengan perusahaan.

Nah, disini saya nggak tahu apa pertanyaan-pertanyaan tersebut levelnya sesuai dengan tingkat pendidikan atau sama saja dengan yang lain. Karena disini saya hanya lulusan SMK. Bagi yang lulusan sarjana keatas mungkin level pertanyaan sedikit lebih tinggi, saya nggak tahu. 

Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang pertanyaan-pertanyaan saya dulu ketika proses wawancara. Nah, terus bagaimana kunci sukses dalam menghadapi wawancara kerja? Mengingat wawancara adalah proses terakhir dari sekian banyak tes yang dilakukan perusahaan dan juga sebagai penentu anda diterima atau tidak. 

Jangan khawatir,saya akan membagikan tips sukses saya ketika menghadapi wawancara kerja. 

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

1.Berpakaian rapi  
Ini sudah menjadi kewajiban bagi siapa saja yang melakukan tes wawancara. Berpakaian rapi merupakan salah satu gambaran dari karakter. Apabila anda berpakaian rapi dan sopan kesan positif sudah anda dapatkan terhadap interviewer. Apabila anda berpakaian tidak rapi atau asal-asalan, kesan interviewer akan negatif terhadap diri anda.

2.Enjoy
Semua orang ketika berhadapan dengan wawancara kerja pasti deg-degan dan gugup ini sudah manusiawi saya pun juga merasakannya apalagi yang baru pertama kali menghadapi wawancara kerja. Jadi, yang saya lakukan adalah tetap berusaha enjoy/santai, woles, rilek dan tidak perlu banyak dipikir karena kalo banyak dipikir pasti perasaan deg-degan dan gugup semakin menjadi-jadi. Nah, saya yakin kalo anda gugup pasti jawaban yang anda berikan tidak akan memuaskan. Coba bedakan menjawab pertanyaan dengan keadaan enjoy dan dengan keadaan gugup. Pasti lebih enak dengan keadaan enjoy. Jadi Woles saja bro...

3.Jangan negative thinking
Nah, kebanyakan orang gagal dalam wawancara mereka terlalu berpikir negative. Takut salah dalam menjawab pertanyaan, serta takut tidak diterima. Saya sarankan buang pikiran-pikiran negative dalam otak anda. Kalo anda selalu berpikir negative hasilnya juga akan negative. Kalo anda selalu berpikir positif, insyaAllah hasilnya juga akan positif. Yang penting adalah yakin.

4.Datang tepat waktu
Anda harus datang tepat waktu. Usahakan datang 30 menit sebelum wawancara dimulai. Ini sebagai persiapan untuk merapikan penampilan, menyiapkan jawaban dan menyiapkan mental anda. Usahakan tetap enjoy dan positive thinking.

5.Persiapkan jawaban pertanyaan umum 
Anda harus sudah mempersiapkan jawaban pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan. Apabila anda sudah berkali-kali melakukan tes wawancara mungkin anda sudah biasa mendengar pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan dan pasti anda sudah siap dengan jawabanya. Tapi, bagi anda yang fresh graduate anda harus mempersiapkan jawaban-jawaban pertanyaan umum tersebut. Untuk pertanyaan-pertanyaan umum tersebut bisa anda cari di google.

6.Jangan berbohong 
Saya sarankan anda jangan berbohong ketika diwawancara. Karena kalau anda berbohong sedikit saja anda akan digiring ke pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan tentang hal itu dan kalian pasti akan sulit menjawabnya. Dan perusahaan pasti tidak akan percaya kepada anda. Tapi bukan berarti anda harus sejujur-jujurnya dalam menjawab. Kalo anda memaparkan semua hal-hal negatif yang ada dalam diri anda itu akan menjadi citra yang jelek bagi anda terhadap perusahaan. Jawablah dengan jujur ketika interviewer membahas salah satu kekurangan anda, namun jangan paparkan hal-hal yang dapat menyudutkanmu apabila interviewer tidak menanyakanya.

7.Jawab dengan singkat, padat, dan jelas
Ini penting sekali ketika menjawab pertanyaan. Jangan bertele-tele atau menambahkan kata-kata yang tidak perlu dalam menjawab. Karena ketika anda menjawab dengan bertele-tele anda akan terus ditanyai seputar apa yang anda jawab tersebut dan biasanya kalo anda menambahkan kata-kata yang tidak perlu akan terjadi salah omongan ditengah-tengah dan ini sangat berbahaya. Jadi, jawab pertanyaan dengan singkat, padat, dan jelas sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

8.Perhatikan gesture tubuh
Ketika anda sudah dipanggil untuk wawancara silahkan anda berjabat tangan. Kemudian penting untuk menjaga kontak mata dengan interviewer. Lalu untuk menambah kesan positif, tambahkan jawaban dengan senyuman. Ini menunjukkan bahwa anda telah siap dan percaya diri. 

9.Berdoa dan sedekah
Yang terakhir anda lakukan adalah berdoa dan sedekah. Ini yang saya lakukan dulu. Jadi minta doa orang tua kemudian dibarengi dengan sedekah. Usahakan kalau sedekah jangan sedikit-sedikit ikhlas tapi banyak-banyak ikhlas. Anda mau diterima diperusahaan besar tapi sedekah anda cuma 5000 ya percuma saja. harusnya sedekah anda 50.000 atau lebih insyaAllah dibalas sama Allah SWT. Saya dulu bahkan sebelum interview, amal dulu di masjid sebesar 100.000 dan alhamdulillah keterima. Pastikan dalam beramal anda yakin dan pasti akan dibalas.

Oke itulah Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja yang saya lakukan. Semoga anda sukses dan berhasil.

baca artikel menarik lainya 5 Rahasia Mengapa Orang China Pada Kaya

Terima kasih.

Terima kasih atas kunjunganya. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat. Jangan lupa like dan commentnya.


EmoticonEmoticon