Tuesday, November 21, 2017

Rahasia Agar Uang Tidak Cepat Habis

Rahasia Agar Uang Tidak Cepat Habis

Rahasia Agar Uang Tidak Cepat Habis - Uang anda cepat habis? Saya yakin yang baca artikel ini hanya orang kere wkwkwk #justkid. nggak kere gimana belum akhir bulan saja uang sudah habis haha. Agar uang anda tidak cepat habis ditengah bulan, atau bahkan baru gajian sudah habis hehe, jangan khawatir saya akan berbagi kepada anda rahasia agar uang tidak cepat habis.

Sebelum melanjutkan artikel ini alangkah baiknya baca dulu artikel sebelumnya yaitu tentang bagaimana Cara Saya Menabung.

Oke lanjut, Semua orang pasti menginginkan gaji yang besar, harapanya agar bisa menyelesaikan masalah hidupnya. Tapi setelah mendapatkan gaji besar malah tidak menyelesaikan masalah. Yang ada malah uang yang didapat setiap bulan habis dalam sekejab.

Ya tau sendiri lah manusia memiliki hawa nafsu yang sulit dikendalikan, ketika melihat barang-barang yang menggoda, langsung dibeli tanpa memikirkan apa gunanya barang tersebut. Yang paling menggelitik dihati saya, orang-orang itu banyak membeli barang yang dia sendiri tidak mampu untuk membelinya.

Akhirnya uang yang didapatkan setiap bulan hanya lewat untuk mbayar cicilan. Alhasil ditengah bulan, uang direkening sudah tidak kelihatan nol nya hehe.

Oke, agar uang anda tidak cepat habis ikuti cara yang saya lakukan

Rahasia Agar Uang Tidak Cepat Habis 

1.Hindari berhutang
Menurut robert kiyosaki utang itu ada dua yaitu utang baik dan utang buruk. Utang baik adalah utang yang digunakan untuk membangun aset, sedangkan utang buruk adalah utang yang digunakan untuk membeli liabilitas. Kayaknya anda belum tau pengertian aset dan liabilitas. Anda bisa baca di intisari buku rich dad poor dad Disini. Ditengah artikel tersebut ada pengertian aset dan liabilitas.

Nah, kebanyakan orang itu melakukan utang buruk yaitu utang untuk membeli liabilitas contoh : membeli mobil kredit. Ketika anda membeli mobil secara kredit, otomatis setiap bulan anda akan mbayar sesuai dengan cicilan yang anda pilih. Jadi sebagian gaji bulanan anda otomatis akan berputar disini. Belum kalo kredit-kredit yang lain.

Jadi, Kalo anda ingin berhutang, pastikan utang baik jangan utang buruk.

2. Batasi uang di dompet
Saya selalu membatasi uang didompet. Setiap uang yang saya taruh didompet itu maksimal 50.000. Tujuanya agar tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak perlu. Jadi, uang 50.000 itu cuma buat kebutuhan sehari-hari seperti makan.

Kalo dompet anda diisi dengan uang banyak sudah nggak diragukan lagi ketika anda main-main terus ketemu dengan barang yang menggoda iman wah saya yakin langsung amblas tuh uang. Jadi, batasi uang didompet anda.

3.Gunakan satu rekening
Saya selalu menggunakan satu rekening. Satu rekening itu hanya untuk kebutuhan selama sebulan. Sedangkan sisanya yang saya tabung, saya transfer ke rekening orang tua saya. Kenapa nggak pakai dua rekening?

Karena kalo pakai dua rekening, biasanya ketika uang direkening pertama mulai menipis, ketika anda melihat barang-barang bagus dan bermutu tinggi, besar kemungkinan anda akan membeli barang tersebut dan pasti sedikit-sedikit akan mengambil uang direkening ke dua. Namanya manusia kalo udah megang uang banyak hawa nafsu sulit untuk dikendalikan.

Tapi kalo misalkan anda buat dua rekening yang satunya untuk keperluan lain misalkan rekening khusus sedekah, ya silahkan.

4.Dahulukan kebutuhan dari pada keinginan
Anda harus mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan. Apasih bedanya kebutuhan dan keinginan?

kebutuhan menurut saya adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh manusia contoh makan dan minum, pakaian, dan tempat tinggal.

Keinginan menurut saya adalah sesuatu yang bersifat kepuasan atau selera contohnya sudah punya motor, beli motor yang lebih bagus, sudah punya hp, beli lagi hp yang lebih bagus. sudah punya baju beli lagi baju yang bagus, dll.

Jadi kalo sudah punya barang tersebut dan masih layak pakai ya jangan beli baru dulu. Tunggu ketika barang-barang tersebut sudah rusak atau tidak layak pakai. Toh misalkan anda bener-bener pingin, usahakan tunda dulu tunggu sampai uang anda sudah cukup baru beli, pokoknya jangan sampai hutang.

Jadi, dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Kalo terus menuruti keinginan ngaak akan ada habisnya dan uang anda yang akan jadi korbanya.

5.Hindari persaingan gaya hidup
Jangan mengikuti gaya hidup kebanyakan orang, jadilah diri sendiri. Fokuslah pada gaya hidup yang sederhana, sehat, dan sejahtera. Dari pada gaya hidup mewah tapi banyak hutang. Tapi kebanyakan emang gitu orang ingin terlihat kaya tapi semuanya hutang. Kalau emang bener-bener kaya sih nggak masalah wajar horang kaya semua hal bisa terpenuhi.

Tapi kalau kita orang biasa kelas menengah kebawah ya hidup sesuai dengan kemampuan kita. Jangan gengsi dan ikut-ikutan orang. Belilah barang sesuai dengan kemampuan kita. Yang penting kita hidup hemat, sehat, sejahtera. Dan yang paling penting lagi bercita-citalah jadi orang kaya. Karena pada dasarnya semua orang ingin kaya cuma tidak semua orang benar-benar berkomitmen untuk jadi kaya.

Oke, itulah rahasia agar uang tidak cepat habis sesuai dengan apa yang saya lakukan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjunganya. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat. Jangan lupa like dan commentnya.

2 komentar


EmoticonEmoticon