Saturday, November 4, 2017

Gunakan Waktu Luang Anda Untuk Membaca Buku


Dulu ketika saya masih sekolah, Saya sangat malas untuk membaca buku, Jangankan baca buku belajar aja nggak pernah hehehe. Saya yakin kalian juga begitu wkwkwk. Kemudian kalo ada PR gak bakal tuh dikerjakan dirumah, paling-paling besoknya berangkat pagi, terus nyontoh pekerjaan teman. Nah, itulah yang saya lakukan dulu ketika masih sekolah. Saya yakin kalian juga melakukan hal yang sama seperti saya. Kemudian membaca buku sudah menjadi tradisi ketika ujian hampir tiba, dimana besoknya ujian, disitulah minat baca anda diuji. Kenapa bisa begitu? karena kita takut mendapat nilai jelek. Iya kan?

Berdasarkan studi Most littered Nation In The Word 2016, Minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Itu artinya Indonesia berada di nomor 2 paling bawah. Tuh kan udah ketebak, Ini sebuah data dan fakta yang sangat memprihatinkan. Padahal saya juga nggak suka baca dulu wkwkwk

Kenapa orang terutama yang masih sekolah tidak minat membaca buku? Karena menurut saya kita tidak tertarik dengan materi atau pelajaran tersebut. Gimana tidak, kita sekolah diwajibkan untuk bisa menguasai semua mata pelajaran. Sedangkan kita mustahil untuk bisa menguasai semua mata pelajaran karena kita memiliki minat yang berbeda misalkan Si A suka sekali dengan pelajaran matematika sedangkan si B suka pelajaran bahasa inggris. Kita tidak bisa memaksakan si B harus bisa pelajaran yang disukai si A. Lucunya ketika siswa diwajibkan untuk bisa menguasai semua mata pelajaran, gurunya hanya menguasai satu pelajaran. Contoh guru olahraga tentu tidak bisa mengajar matematika, lalu guru bahasa inggris pasti tidak bisa mengajar kimia, Guru agama pasti tidak bisa mengajar sejarah. Lalu kenapa kita disuruh untuk menguasai semua mata pelajaran? Itulah mengapa banyak siswa yang malas pergi kesekolah bahkan stres ketika ujian nasional. contohnya teman saya sendiri ketika pelajaran matematika dan bahasa inggris dia selalu mengajak pulang dan lucunya banyak teman yang mendukung wkwkwk dan alhamdulilah saya tidak ikut-ikutan sama dia, tapi kalau mayoritas semua pada ngajak pulang saya juga ikut pulang hahaha.

Oke bro, itu sedikit cerita dari saya sekaligus kritikan untuk pendidikan di Indonesia. Saya memang dulu sangat malas membaca. Ketika sudah memasuki dunia kerja saya justru tertarik dengan dunia bisnis alhasil saya selalu mencari artikel-artikel tentang bisnis, Sekaligus mencari-cari video di youtube tentang cara-cara berbisnis lalu saya menemukan channelnya pak chandra putra negara yaitu succes before 30. Ketika itu saya pernah mendengar pak chandra untuk menyarankan membaca bukunya Robert T.Kiyosaki yaitu The Cashflow Quadrant. Karena penasaran, saya langsung mencari buku tersebut di Gramedia. Dan alhamdulillah saya menemukan buku tersebut. Akhirnya saya membeli buku Rich dad Poor Dad yang ada disebelah buku The Cashflow Quadrant wkwkwk. Niatnya mau beli buku cashflow tapi beli nya buku rich dad koplak. Karena menurut saya harus membaca buku rich dad poor dad dulu sebelum the cashflow quadrant.

Dari situ lah awal saya suka membaca buku. Setiap bulan setelah gajian saya selalu beli buku terutama buku-buku dari Robert T.kiyosaki, Belum dibaca sampai habis saja udah ingin beli buku lagi. Memang buku-buku dari robert kiyosaki menurut saya isinya sangat bagus dan menarik yaitu tentang pendidikan financial yang tidak pernah diajarkan disekolah. Saya sarankan kalian untuk membaca buku ini kalo kalian ingin kaya. Karena tertarik dengan buku-buku beliau akhirnya saya ingin membeli buku-buku yang lain dan minat baca saya semakin tinggi. Dari sini saya tau ternyata membaca buku itu bisa menambah ilmu dan wawasan. Ilmu kita akan bertambah serta wawasan kita pun akan luas. Dengan begitu kita semua lebih tahu banyak hal dari sedikit orang yang tahu.Itu artinya kita lebih pintar dari pada yang lain. Kata mas ippho santosa motivator indonesia yang terkenal itu kalau sedekah aja berbalas, maka menuntut ilmu lebih berbalas. Jadi kita menuntut ilmu itu juga ada balasanya bro, ilmu adalah investasi awal untuk kita bisa melakukan sesuatu. Tanpa ilmu kita tidak tahu dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Jadi buat kalian, gunakan waktu luang kalian untuk membaca buku pastinya buku-buku yang sesuai dengan passion kalian dan yang tidak kalah penting adalah buku tentang agama dan buku yang tidak pernah diajarkan di sekolah seperti pendidikan finansial. Sekarang jaman udah modern bro, serba informasi kita bisa cari ilmu dimana saja bahkan untuk belajar koding aja kita sekarang tidak perlu kuliah, kita bisa belajar online di internet. Tapi membaca buku tentu berbeda dengan membaca di media. Di buku lebih lengkap dan mendalam kalo di media hanya dasar-dasarnya saja. Oke cukup sekian dari saya semoga bermanfaat dan membawa perubahan dalam hidup anda.

Terima kasih atas kunjunganya. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat. Jangan lupa like dan commentnya.


EmoticonEmoticon