Sunday, November 19, 2017

Begini Cara Saya Menabung Uang

Hai kawan, kali ini saya akan berbagi cara saya menabung dari penghasilan saya per bulan. Sebelum masuk ke topik sebaiknya kamu baca dulu artikel saya sebelumnya yaitu 4 Tips Buat Anda Yang Baru Pertama Kali Kerja. Kembali ke topik pembahasan.


Jujur, saya ini orangnya bisa mengelola uang dengan baik. Dulu waktu masih SD kira-kira kelas 3 kayaknya atau kelas 4, eh 5 ding, ah nggak tau lupa, itu saya bisa ngumpulin uang sebesar 50.000. bayangin uang 50.000 jaman dulu itu banyaknya seperti apa. Iya banyak, wong uang nya receh semua hehe.

Kemudian yang paling ngaco, waktu pertama kali saya kerja penghasilan saya hanya dua juta seratus, Tapi saya bisa nabung per bulan nya itu satu juta. ngaco kan? Tapi ini beneran serius, mungkin kamu ada yang bisa nabung diatas itu dengan penghasilan seperti yang saya sebutkan, saya akui kamu memang hebat. Hebat menahan lapar sebulan hahaha.

Nah, alhamdulillah sekarang saya bekerja diperusahaan besar dengan bayaran yang, ya.. lumayan bisa buat beli kuota plus makan di warteg.

btw, soal menabung, mungkin banyak orang yang susah menabung dikarenakan mungkin menuruti gaya hidup yang nggak ada habisnya. Udah ada sepatu beli sepatu, udah ada tas beli lagi tas, udah ada baju beli lagi baju, waktu menjelang akhir bulan bahkan masih ditengah bulan uang udah sekarat #mampus. iya gitu lah sifat manusia yang tidak akan puas dengan apa yang sudah dimiliki.

Jadi, untuk mengatasi hal ini dibutuhkan pribadi yang cerdas secara finansial seperti saya #njirsombongbangetlo. Terus bagaimana cara saya menabung? wait, sebenarnya menabung itu lihat niat kamu, mau buat apa nantinya tabungan itu. Kalo nggak ada niat mau buat apa ya susah, pasti ngikutin gaya hidup lagi.

Jadi, sebelum menabung pastikan kamu sudah ada niat, tabunganmu nanti mau buat apa? Kalo prinsip saya sih, setiap bulan harus wajib nabung karena itu buat jaga-jaga untuk hal-hal yang darurat. Oke langsung saja saya berikan tips cara saya menabung uang.

Begini Cara Saya Menabung Uang

Katakanlah penghasilan saya per bulan 10.000.000. Yang pertama, Saya harus mencatat pengeluaran saya setiap bulan misal
  • Makan : 1.500.000
  • Bayar Kos : 350.000
  • Pulsa/kuota : 100.000
  • Bensin : 100.000
  • Token Listrik : 50.000
  • Lain-lain : 900.000
Hitungan diatas adalah hitungan kasar. Jadi dari total pengeluaran per bulan ada 3.000.000. Nah, itu yang saya jadikan pegangan selama satu bulan.

Lalu, masih ada sisa sekitar 7.000.000. Karena saya orangnya berbakti kepada orang tua, saya beri orang tua saya sebesar 1.000.000. Kemudian yang 6.000.000 saya tabung ke rekening orang tua saya tujuanya biar nggak tergoda membeli barang-barang yang tidak perlu.

Nah, dari pegangan 3.000.000 itu, ada pengeluaran 900.000 untuk kebutuhan lain.

Yang namanya manusia itu kan pasti punya keinginan ini itu, nah dari uang 900.000 itu  bisa saya belikan buku, pakaian kalo perlu, accesoris hp mungkin, pokonya beli yang perlu-perlu aja yang sekiranya buat jangka panjang. Jangan terus menuruti keinginan. Kalo udah punya barang ini ya jangan beli lagi.

Kemudian saya usahakan sisa uang 900.000 itu tidak habis dalam sebulan, alhasil sisa uang tersebut saya tabung kembali dan saya sedekahkan ke kitabisa.com.

Note : ini berlaku untuk gaji 10.000.000, kalo misalkan gaji saya dibawah 10.000.000 ya tinggal ngurangin aja.

Nah, sekarang bayangkan kalo setiap bulan kamu menabung 6.000.000, setahun kamu sudah dapat mengumpulkan uang sebesar 72.000.000 Wow.. fantastis bukan.

Kesimpulan : Kamu harus punya niat, kamu nabung itu buat apa? Kalo saya nabung, niatnya buat beli aset misalkan tanah, properti, bisnis mungkin, atau franchise pokoknya yang berhubungan dengan aset. Saran saya, kalo kamu nabung jangan beli barang-barang yang tidak perlu. usahakan yang bisa buat jangka panjang. Kalo kamu punya niat besar pasti kamu bisa melakukannya. Lalu, jangan lupa sisahkan uangmu untuk sedekah, agar uangmu barokah.

Itulah cara saya dalam menabung uang. Semoga bermanfaat

Terima kasih atas kunjunganya. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat. Jangan lupa like dan commentnya.


EmoticonEmoticon